RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / 1
Pokok
Bahasan : Persamaan Kuadrat
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
B.
Kompetensi
Dasar
Peserta didik dapat menyelesaikanpersamaan kuadrat dengan berbagai rumus.
C.
Indikator
Menentukan persamaan kuadrat dengan berbagai
rumus.
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kelompok diskusi
peserta didik dapat menentukan
persamaan kuadrat dengan berbagai rumus.
E. Materi
Pembelajaran
Persamaan Kuadrat
F.
Metode dan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Menerangkan, tanya jawab, pemberian tugas secara kelompok
Model Pembelajaran :kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS)
G. Pelaksanaan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan :
a.
Guru
mengucapkan salam.
b.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
c.
Guru
memotivasi siswa supaya aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
a. Guru
menjelaskan cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi,
melengkapi kuadrat sempurna, dan menggunakan kuadrat sempurna.
b. Guru membentuk
kelompok kecil beranggotakan 2-6 peserta didik, dengan kepandaian yang
berbeda-beda
c. Peserta didik
menyelesaikan lembar kerja yang diberikan guru secara mandiri (Thinking)
d. Setelah
mengerjakan sendiri, peserta didik diminta mendiskusikan dengan pasangannya (Pairing)
e. Guru meminta
peserta didik berkelompok mendiskusikan hasil pekerjaannya (Sharing)
f. Guru meminta
masing-masing kelompok mengerjakan di papan tulis
g. Guru meminta
peserta didik menjelaskan jawaban masing - masing
h. Guru
memberikan Lembar Kerja Peserta Didik
|
30 menit
|
3.
|
Penutup :
a. Guru
memberikan PR
b. Guru menutup
pelajaran dan mengakhiri dengan salam
|
5 menit
|
H. Alat dan Sumber
Belajar
Alat/Media : laptop, LCD, papan tulis, spidol,
dan LKS.
Sumber : - BSE Matematika SMA Kelas X
-
Buku Matematika SMA Kelas X A Erlangga
I.
Penilaian
Teknik :
Tugas kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar